PROGRAM PEMBERDAYAAN KOMUNITAS DI DESA DADAPAN

Program Pemberdayaan Komunitas di Desa Dadapan


     Pada Selasa, 31 Januari 2023 kami melakukan perjalanan ke desa Dadapan dalam Program Pemberdayaan Komunitas yang ada di desa tersebut. 

      Kegiatan ini diawali dengan seluruh murid kelas XII IPS dikumpulkan pada pukul 07.30 wib melakukan presensi kehadiran dilanjut dengan proses pembekalan. Dalam proses pembekalan aku membawa alat dan bahan yang diperlukan seperti pupuk, benih kembang kol, bekal, air, dan bambu (bambu yang sudah diruncingi ujungnya) serta kantong plastik. Setelah melakukan pembekalan dilapangan selanjutnya seluruh siswa XII IPS diarahkan untuk menaiki bus yang telah dipesan oleh masing- masing kelas pada pukul 08.00 WIB.


(Foto saat melakukan presensi kehadiran serta proses persiapan)
       
        Perjalanan menuju lokasi membutuhkan waktu kurang lebih lebih 30 menit. Perjalanan tersebut sangat lah lama dan itu membuatku sumpek ketika berada di bus apalagi berdesak - desakan. Kami di turunkan didepan Pagar Pelangi, Pagar Pelangi merupakan wisata yang ada di desa Dadapan. Depan wisata tersebut selanjutnya kami diarah menuju lokasi penaman bibit tersebut. Saat menuju lokasi kami jalan kaki, dalam perjalanan sendiri aku melewati masjid, dan banyak pondok pesantren, serta banyak sekali perumahan yang didepannya banyak pohon rambutan yang siap panen. 


       Setelah melewati perjalanan yang begitu melelahkan, akhirnya aku sampai di lokasi tersebut. Di lokasi kami dikumpulkan untuk diberi arahan serta sambutan-sambutan dari kepala sekolah, dan kepala desa. Kami dipersilahkan untuk duduk di tempat yang telah dipersiapkan oleh pihak dari desa tersebut.Setelah sambutan tersebut selanjutnya kami diarah untuk melakukan penanaman di lokasi yang telah ditentukan dengan di padu oleh para pemuda di desa tersebut. 

Untuk penanaman sendiri dilakukan perkelompok dengan menanam bibit yang di berikan oleh para pemandu tersebut. Bibit yang kami tanam diantaranya bibit buah alpukat, dan nanas. 
   Penanaman dilakukan dengan langkah berikut :
Pengambilan bibit alpukat)
   - Mempersiapkan alat serta bahan yakni pupuk, bambu yang telah diruncingkan ujungnya, bibit buah/sayur, arang sekam, dan plastik.
   - Memilih lokasi yang akan di tanami tanaman.
(Pemilihan lokasi penanaman)
   - Mencangkul tanah di lokasi yang telah ditentukan, setelahnya masuk pupuk dan arang sekam dan campur dengan rata.
(proses penanaman)
   - Setelahnya tanam bibit buah/sayur, lalu tutupi dengan tanah.
(foto setelah penanaman untuk selanjutnya ditancapi bambu di sekeliling tanaman)
   - Setelah melakukan menanam buah/sayur, selanjutnya kalian menancapkan bambu di sekeliling tanaman dan tutupi plastik disekelilingnya.

     Setelah kegiatan penanaman, aku mencuci tangan, untuk selanjutnya saya dan teman-teman memakan bekal yang telah dibawa. Setelah Istirahat selanjutnya adalah Kegiatan Wawancara dengan para pemuda di desa tersebut mengenai program pemberdayaan komunitas di desa Dadapan. Dimana dalam wawancara tersebut di jawab oleh pemandu serta pemuda komunitas di desa Dadapan.Setelah sesi wawancara, kegiatan selanjutnya adalah foto bersama. Setelah foto bersama aku dan temanku berjalan menuju bus untuk perjalanan menuju sekolah pada pukul 13.00 WIB. Selanjutnya pulang kerumah masing-masing.


Berikut merupakan hasil dari kegiatan program pemberdayaan komunitas di desa Dadapan.

Nama ; Nanik Shofiatin
No abs ; 22
Kelas : XII Ips 2

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN PENGAMATAN & PERTANYAAN

RUANG PAMER SMA NEGERI 1 PAMOTAN

Produk Potensi Desa Pabrik Pembuatan Tahu